Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Efektivitas Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga Edukatif Lingkaran terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika di Sekolah Dasar

Rustrianingsih, Dina Septi (Unknown)
Pramasdyahsari, Agnita SIska (Unknown)
Mardliyah, Siti (Unknown)
Rachmawati, Rivanna Citraning (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Kurangnya pada pemakaian model pembelajaran serta media pembelajaran yang monoton ketika tahapan belajar mengajar dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dalam meninjau hasil belajar peserta didik atas penggunanan model pembelajaran PBL dengan bantuan alat peraga edukatif lingkaran. Penelitian ini dilaksanakn di kelas 5 SDN Jatingaleh 01 Semarang dengan jumlah subjek 25 peserta didik. Penelitian ini memakai penelitian kuantitatif dengan pre-experimental design atas pretest dan posttest. Teknik analisis data dikerjakan memakai uji paired sample t-test. Sebelum itu , hendak dikerjakan uji normalitas untuk mengetahui apakah data normal atau tidak. Hasil uji normalitas memperlihatkan kalau nilai pretest dengan nilai 0,056 dan nilai posttest atas nilai 0,023 yang maknanya >0,05 yang memperlihatkan kalau data mempunyai distribusi normal. Namun hasil uji t memperlihatkan kalau rata-rata nilai pretest sebanyak 51,00% namun rata-rata nilai posttest sebanyak 82,98% serta hasil uji paired sample t-test didapatkan nilai signifikansi sebasar 0,000 yang mana nilai ini < 0,005. Sehingga, berdasarkan hasil dari kedua uji tersebut dapat diartikan kalau ada perbedaan hasil belajar kognitif matematika sebelum serta setelah penerapan model pembelajaran  PBL atas bantuan alat peraga edukatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran Problem Based Leraning atas bantuan alat peraga edukatif lingkaran mempunyai pengaruh pada hasil belajar matematika peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...