JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 9, No 2 (2023)

Efektifitas Penggunaan Media Flash Card Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas lll

Ananda, Dita (Unknown)
Sutriyani, Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan dapat mengetahui efektifitas penggunaan media flash card berbasis audio visual terhadap hasil belajar matematika kelas lll di SD Negeri 2 Suksono. Penelitian menggunakan desain one test pretest dan posttest sebagai bagian dari metodologi pre eksperimen kuantitatif. Penelitian kelas III ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Sukosono. Pengujian prasyarat, pengujian hipotesis, dan pengujian instrumen data secara mendalam merupakan beberapa metode yang digunakan dalam analisis data. Pretest dan posttest adalah penggunaan instrumen sebagai pengumpulan data. Menurut hasil penelitian, terdapat variasi hasil belajar  sebelum dan sesudah penggunaan media audio visual flash card. Nilai rata-rata berubah dari 77,93 menjadi 91,21. Maka t-hitung>t-tabel atau 5,567>2,051 merupakan hasil nilai sig (2-tailed) (0,000) (0,05), nilai thitung = 5,567, dan nilai t tabel = 2,05. Bahwa penggunaan media flash card berbasis audio visual efektif meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas lll SD Negeri 2 Sukosono dan adanya peningkatan nilai sesudah penggunaan media flash card berbasis audio visual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...