PRoMEDIA
Vol 9, No 2 (2023): PROMEDIA

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Aparatur Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Bogor.

Hulasoh, Ela (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan komunikasi Aparatur Desa terhadap kepuasan Masyarakat Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiasif, di mana penelitian ini berupaya untuk menemukan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Objek penelitian adalah Aparatur Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, dengan responden adalah masyarakat Desa Pemagarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Dengan Teknik samplingnya adalah accicental sampling yaitu berdasarkan responden yang berhasil ditemui sesuai karakteristik yang ditentukan, bertempat di Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefesien korelasi, analisis koefesien determinasi dan uji hipotesis yang terdiri dari uji f dan uji t. Hasil penelitian ini adalah hasil uji hipotesis simultan atau uji f diperoleh nilai fhitung>ftabelatau atau (25,232 > 1,984). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig. < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Adapun Nilai koefisien korelasi sebesar 0,931 artinya variabel kualitas pelayanan (X1) dan kualitas komunikasi (X2) mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai koefisien determinasi atau kontribusi pengaruh sebesar 0,867 dengan kesimpulan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas komunikasi secara Bersama-sama (simultan) memiliki kontribusi terhadap kepuasan masyarakat sebesar 0.867 atau 86,7% dan sisanya sebesar 0,133 atau 13,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Komunikasi, Kepuasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JURNAL TENTANG PERMASALAHAN DAN ISU TERKINI DALAM PERKEMBANGAN KEHUMASAN SERTA MEDIA KOMUNIKASI. DITERBITKAN OLEH PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 ...