Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 7 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Strategi Kampanye Komunitas Wonderwowmen Dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Kucing Telantar (Studi Kasus Program Prosteril Di Jakarta Pusat)

Mustaqim, Fani Safrita (Unknown)
Fournawati, Sri Murdilah (Unknown)
Hardiyanti, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Kampanye adalah suatu tindakan komunikasi terencana yang bertujuan untuk memberikan informasi, mendidik dan mempengaruhi perubahan sikap dan perilaku seseorang, seperti yang dilakukan oleh komunitas Wonderwowmen dalam kegiatan kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kucing telantar di Jakarta Pusat. Dalam menentukan suatu strategi, terdapat empat komponen yang perlu diperhatikan, yaitu: memahami sasaran komunikasi, memilih media yang sesuai, mengkaji tujuan pesan komunikasi dan menentukan peran komunikator. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Persuasif yang memiliki tiga teori strategi komunikasi persuasif: Strategi Psikodinamika, Strategi Persuasi Sosiokultural dan Strategi Konstruksi Makna. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik penelitian berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini adalah komunitas Wonderwowmen menggunakan strategi psikodinamika dengan melakukan pendekatan secara emosional kepada pengikutnya, strategi persuasi sosiokultural dengan menggunakan ilustrasi mengenai kegiatan pro steril terhadap kucing telantar, serta strategi konstruksi makna dengan menggunakan permainan kata sehingga masyarakat tertarik dengan kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Wonderwowmen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...