Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 8 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dalam Upaya Meningkatkan Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat di Kota Tangerang (Studi Kasus Program Usaha Mikro Kecil Menengah di Kampung Kuliner Pada Tahun 2022)

Sinaga, Riska Indramaya (Unknown)
Linawati, Linawati (Unknown)
Suseno, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kelompok informasi masyarakat (KIM) dalam upaya meningkatkan pemberdayaan perekonomian masyarakat di Kota Tangerang dengan adanya program usaha mikro kecil menengah di Kampung Kuliner maka KIM memberikan pelatihan dan pembinaan pemberdayaan antara lain dilakukan dengan mendorong kelompok-kelompok masyarakat untuk mendayagunakan informasi agar meberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat. Penelitian ini mengunakan teori pemberdayaan masyarakat dan menggunakan 4 perspektif yaitu pluralis, elitis, strukturalis, dan post-strukturalis. Objek pada penelitian ini menjelaskan bagaimana peranan kelompok informasi masyarakat (KIM) dalam meningkatkan pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui program usaha mikro kecil menengah. Paradigma ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. peneliti menyimpulkan bahwa KIM juga berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat selain itu menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...