Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 8 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Pengaruh Media Sosial Instagram Disbudpar Kota Tangerang Terhadap Minat Berkunjung Ke Destinasi Wisata Di Kota Tangerang (Survey Terhadap Followers @disbudpar_kotatng)

Rabbani, Fahmi Khulaifi (Unknown)
Sukanda, Ukon Furkon (Unknown)
Salsabil, Luna Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Sosial Instagram Disbudpar Kota Tangerang Terhadap Minat Berkunjung Ke Destinasi Wisata Di Kota Tangerang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media sosial instagram Disbudpar Kota Tangerang terhadap minat berkunjung ke destinasi wisata di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan Teori S-O-R yang, Asumsi dasar teori ini adalah penyebab terjadinya perubahan perilaku bergantung pada kualitas rangsangan (Stimulus) yang berkomunikasi dengan komunikan (Organism) dan jika kedua hal tersebut dapat dilakukan dengan baik makan akan muncul atau terjadinya (Respon). Teori S-O-R merupakan konsep yang berperan penting dalam melakukan suatu kegiatan promosi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma positivisme dengan metode penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui kuisoner dan teknik analisis data menggunakan skala Likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah followers dari akun @disbudpar.kotatng yang berjumlah 2.210 ribu followers dengan perolehan sampel berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Nonprobability Sampling . hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel media sosial terhadap minat berkunjung ditunjukan dari hasil uji analisis koefisien determinasi yang menunjukan bahwa nilai R Square dengan nilai sebesar 0.824 atau jika dirubah menjadi persen yaitu, 82,4% yang berarti dapat disimpulkan bahwa pengaruh media sosial instagram disbudpar sangat besar terhadap minat berkunjung ke wisata yang ada di Kota Tangerang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...