Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 16 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

PENGARUH PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Pada Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara Perriode 2019-2021)

Anggreini, Annisa Fitri (Unknown)
Sitoru, Fidia Chairany (Unknown)
Lein, Fadly Ahlul (Unknown)
Febriyani, Yessy (Unknown)
Panjaitan, Pawer D (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah pada pemerintahan Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara tahun 2019-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari 33 kabupaten (25 Kabupaten dan 8 kota). Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan SPSS Versi 25. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan Pajak Daerah berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah. Sementara Retribusi Daerah berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...