Saat ini, pekerjaan yang berkaitan dengan public relation didominasi oleh beragam fitur media sosial yang memudahkan kinerja kehumasan. Khususnya pada pihak yang bekerja di bidang event organizer (penyelenggaraan acara), kehumasan menjadi salah satu posisi pekerjaan yang krusial. Public relation yang terlibat ketika membangun image organisasi, melaksanakan kepentingan humas untuk mencapai target, berinteraksi dengan masyarakat melalui program dan pelayanan bermutu, dan melaksanankan fungsi-fungsi organisasi agar tetap bertahan eksistensinya di publik. Hal ini pun juga dilakukan oleh salah satu jasa event organizer terkenal di Indonesia yang bergerak di bidang konser musik, yaitu Bozz Event yang melahirkan konser musik “Ekspectanica” yang saat ini berada di bawah naungan PT Ekis Muda Berkarya. Salah satu konsernya bernama Ekspectanica Healing De Java merupakan salah satu festival musik terbesar di kota Surabaya. Setiap penyelenggaraan acara tidak terhindar dari risiko, salah satunya Ketika bermunculan kritik atau komplain dari pelanggan (handling complaint management). Tantangan para tim penyusun acara perlu cekatan dan strategis dalam menghadapi ekspetasi publik, khususnya dalam menjaga citra sebuah organisasi demi meningkatkan daya tarik pelanggan. Strategi komunikasi krisis yang dilakukan panitia Ekspectanica diimplementasikan untuk melaksanakan tugas kehumasannya dalam menghadapi keluhan pengunjung konser.
Copyrights © 2024