Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 17 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan  (On Proses)

Strategi Public Relation IFI Surabaya dalam membangun Brand Awareness

Santoso, Annisa Amelia (Unknown)
Muzaki, Hisyam Faras (Unknown)
Anom, Rachmad Pamuji P. (Unknown)
Amalia, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

IFI Surabaya adalah lembaga yang memiliki peran penting dalam mempromosikan budaya Prancis dan bahasa Prancis di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Public Relations yang digunakan oleh Institut Français d'Indonésie (IFI) Surabaya dalam upaya membangun citra merek (brand image) dan kesadaran merek (brand awareness) di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap staf PR IFI Surabaya dan analisis konten dari berbagai materi PR yang telah diterbitkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga dari empat model dalam Teori Excellence digunakan oleh IFI dalam strateginya. Model tersebut antara lain Publicity (Press Agentry), Public Information, dan Two-Ways Asymmetrical Communication yang efektif dalam membangun citra positif IFI Surabaya dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lembaga ini. Implikasi dari temuan ini dapat menjadi pedoman bagi organisasi serupa dalam memperkuat brand image dan hubungan dengan masyarakatnya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...