Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 4, No 1: Februari 2016

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 JULOK

Kamaruddin . (Unknown)
Murniati AR (Unknown)
Niswanto . (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2016

Abstract

Abstract: The ability of a principal in leading a school is highly influential in increasing the motivation of teachers. The implementation of character education is a strategy to improve the quality of education. The purpose of this study was to determine the efforts made by the principal in the implementation of character education in state Senior High School 1 of Julok. This study used a qualitative approach with descriptive method. The data were collected through interviews, observation and documentation. Subjects of this study were principal, vice principal, board of teachers and the committee at Senior High School 1 of Julok. The result showed that the principal has also prepared a program to implement character education. The implementation of character education improvement program requires each subject to make learning material according to the latest curriculum ang adjust textbooks of study field. The abstacles faced by the principal in implementing the character education were as follows: teachers still used the old teaching methods, tools and media, and the teacher did not dare to express desires and weaknesses in learning. On way performed by the principal of Senior High School 1 of Julok to overcome these obstacles is to call a meeting with the board of teachers, hat is monthly meeting, annual or emergency meeting if it is needed.Keywords: Principal strategic, and character educationAbstrak : Kemampuan kepala sekolah dalam memimpin sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Implementasi pendidikan karakter merupakan suatu strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam implemetasi pendidikan karakter pada Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Julok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriktif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru dan Komite di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Julok. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah telah menyususun program dalam mengimplementasi pendidikan karakter. Implementasi program peningkatan pendidikan karakter dengan cara mewajibkan setiap guru bidang studi untuk membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang terbaru, menyesuaikan perkembangan buku pengangan guru bidang studi. Kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam mengimplementasi pendidikan karakter, masih ada guru yang menggunakan gaya lama dalam mengajar, baik dalam penggunaan metode, alat dan media. Juga guru tidak berani mengemukakan keinginan serta kekurangannya dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Julok dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara mengadakan rapat dengan dewan guru, baik itu rapat bulanan, tahunan atau pun rapat mendadak jika diperlukan.Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, dan Pendidikan Karakter

Copyrights © 2016