Almufi Jurnal Pendidikan
Vol 3 No 3: Desember (2023)

Meta Analisis Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar Siswa

Sultan (Unknown)
Rustam, Ahmad (Unknown)
Tundreng, Syarifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak pen Meta Analisis Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian meta analisis. Formalisasi tantangan merupakan tahap awal dalam penelitian ini. Langkah kedua adalah menggunakan Google Scholar untuk mencari temuan penelitian jurnal online. Fase ketiga dalam proses penelitian adalah analisis data dan yang terakhir adalah pelaporan temuan. 8 hasil penelitian relevan 5 tahun terakhir ditemukan dalam hasil pencarian setelah dikumpulkan dari publikasi yang berhubungan dengan Model Pembelajaran Kolaboratif. Dengan demikian, dengan menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif, siswa dapat memahami bagaimana ide-ide berhubungan satu sama lain dan menciptakan pembelajaran yang kolaboratif. 8 publikasi yang berkaitan dengan Model Pembelajaran Kolaboratif digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Secara deskriptif menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kolaboratif praktis meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar dari 34,85 menjadi 45,44. Data dari pretest dan posttest bervariasi secara signifikan. Ditetapkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh Model Pembelajaran Kolaboratif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AJP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Almufi jurnal Pendidikan didirikan sejak tahun 2021, jurnal ini di singkat dengan AJP. Almufi jurnal Pendidikan (AJP) menerima artikel berupa hasil penelitian pada bidang pendidikan secara umum. terkhusus pada perkembangan siswa, belajar dan pembelajaran, serta masalah lain yang berkaitan dengan ...