Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi dan supervise bimbingan konseling, hal ini dilakukan karena Evaluasi dan supervisi program BK sekolah dapat memberikan umpan balik (feedback) kepada guru untuk perbaikan atau supervisor) mengembangkan program bimbingan dan konseling. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian studi Pustaka sebagai pendekatan utama dalam menggali pemahaman konseptual dan teoritis terhadap fenomena yang diteliti. Evaluasi program bimbingan adalah upaya untuk meningkatkan mutu program bimbingan dengan cara mengevaluasi efektivitas dan efisiensi layanan bimbingan itu sendiri serta membantu menentukan keputusan mengenai program konseling. Hasil penilaian akan bermanfaat dalam pelaksanaan program bimbingan dan konsultasi selanjutnya. Pengawasan supervisi terhadap pelayanan bimbingan dan konsultasi diperlukan untuk memantau kualitas yang diharapkan dan memantau kinerja staf bimbingan. Supervisi memegang peranan yang lebih dari sekedar pengendalian dan pengawasan, namun diharapkan dapat terlihat untuk meningkatkan mutu layanan bimbingan dan konseling.
Copyrights © 2023