RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 10, No 1 (2024)

INTERNALISASI EDUPRENEURSHIP KEPADA MAHASISWA (HASIL ANALISIS PEMBELAJARAN)

Umatin, Choiru (Unknown)
Susilowati, Eni (UNU Blitar)
Basuki, Andi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Strategi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam mengajar matakuliah edupreneurship adalah dengan memadukan materi dikelas dan praktek lapangan. Hal ini untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dalam dunia wirausaha. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi Matakuliah Edupreneurship di lingkungan program studi PGMI IAIN Kediri serta bagaimana analisis strategi pembelajaran kooperatif yang efektif untuk diterapkan. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dan jenis penelitian ini studi kasus yang fokus pada strategi pembelajaran Matakuliah Edupreneurship. Sampel dalam penelitian ini adalah mengambil partisipan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan subyeknya adalah 40 mahasiswa PGMI Strata 1 Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi kelas dan wawancara mendalam kepada dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prodi PGMI IAIN Kediri telah memasukkan matakuliah kewirausahaan didalam kurikulumnya yang diwujudkan dalam Matakuliah Edupreneurship. Strategi pembelajarannya menyesuaikan dengan yang tercantum dalam RPS yang kemudian diterapkan baik dalam bentuk materi maupun praktek. Dalam bentuk materi seperti presentasi dan diskusi dikelas tentang business plan sesuai ide usaha kreatif inovatif secara mandiri sehingga berdampak signifikan dalam meningkatkan minat dan keterampilan berwirausaha pada mahasiswa, Observasi laboratorium kewirausahaan FEBI, dan tulisan artikel jurnal yang bereputasi yang terbukti berperan penting dalam mengembangkan jiwa edupreneurship mahasiswa. Aktivitas-aktivitas tersebut menggunakan strategi pembelajaran Experiential Leaning, Inquiri, dan Problem Based Learning serta Project Based Learning. Temuan penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi lembaga pendidikan tinggi dalam merancang kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif dan efektif yang orientasinya menghasilkan lulusan yang siap dan cakap berwirausaha di era industry saat ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...