Al Marhalah
Vol. 8 No. 2 (2024): Almarhalah

PENGARUH METODE MEMBACA AL QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI SURVEI DI SMK NURUL IMAN JAKARTA)

uyun, qurrotul (Unknown)
Syahrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Metode Pembelajaran Al-Qur’an yang sangat beragam, tetapi ada metode- metode tertentu yang bisa mempermudah Proses Pembelajaran diantaranya adalah Metode Tartil yang telah memberikan kemudahan dalam Peroses Pembelajaran Al-Qur’an, Membaca Al-Qur’an dengan baik menjadikan keniscayaan yang harus di butuhkan, terlebih dalam rangka kaitaannya dengan penguatan hasil belajar dan tentu banyak metode metode yang di terapkan salah satu metodenya adalah metode tartil, penelitian ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan teknik analistis korelasional deskriptif. Jumlah sampe yang diambil adalah 25 peserta didik, dan metode sampel acak sederhana digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai “rxy” atau “ro” adalah 0,372 berdasarkan uji koefisien moment produk, nilai “rt” pada taraf signifikan 1% adalah 0,515. Dengan demikian, hipotesis noh (Ho) dapat ditolak. Hasilnya menunjukkan bahwa teknik membaca Al Qur’an memengaruhi hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

almarhalah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

The Al Marhalah | Jurnal Pendidikan Islam published by STIT Al Marhalah AL ‘Ulya Bekasi, is a peer-reviewed open access international journal published twice in a year (May and November). Al Marhalah | Jurnal Pendidikan Islam is a Islamic Education research and article journal. Intended to ...