Penelitian ini dilatar belakangi oleh Metode Pembelajaran Al-Qur’an yang sangat beragam, tetapi ada metode- metode tertentu yang bisa mempermudah Proses Pembelajaran diantaranya adalah Metode Tartil yang telah memberikan kemudahan dalam Peroses Pembelajaran Al-Qur’an, Membaca Al-Qur’an dengan baik menjadikan keniscayaan yang harus di butuhkan, terlebih dalam rangka kaitaannya dengan penguatan hasil belajar dan tentu banyak metode metode yang di terapkan salah satu metodenya adalah metode tartil, penelitian ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan teknik analistis korelasional deskriptif. Jumlah sampe yang diambil adalah 25 peserta didik, dan metode sampel acak sederhana digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai “rxy” atau “ro” adalah 0,372 berdasarkan uji koefisien moment produk, nilai “rt” pada taraf signifikan 1% adalah 0,515. Dengan demikian, hipotesis noh (Ho) dapat ditolak. Hasilnya menunjukkan bahwa teknik membaca Al Qur’an memengaruhi hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024