Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara Kesiapan Kerja dengan Keterampilan 4C di SMKN 2 Kabupaten Tangerang, dan aspek yang paling berpengaruh terhadap Kesiapan Kerja. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Adapun besaran sampel yang di ambil pada penelitian ini berjumlah 54 siswa yang di ambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan isntrumen angket dan essay. Data tersebut diolah dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan korelasi product moment. Hasil Analisis menggunakan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Kesiapan Kerja dengan Keterampilan 4C sebesar 32.7% dan sisanya sebesar 67.3% dipengaruhi oleh variabel lain, hasil korelasi product moment menunjukkan bahwa dalam penelitian ini terbukti variabel komunikasi dan kolaborasi terdapat hubungan antara kesiapan kerja, sedangkan variabel berpikir kritis dan berpikir kreatif tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap kesiapan kerja, hal ini dipengaruhi oleh kurangnya pada besaran sampel penelitian. Kemudian jika diurutkan aspek yang paling dominan pada variabel keterampilan 4C terhadap kesiapan kerja yaitu variabel komunikasi dengan nilai koefisien correlation sebesar 0,528 dan kolaborasi dengan nilai 0,449, dan berpikir kreatif sebesar 0,190, terakhir yaitu berpikir kritis sebesar 0,187.Kata kunci: Pendidikan SMK, Kesiapan Kerja, Keterampilan 4C
Copyrights © 2024