TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 8, No 1 (2024): TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pengaruh Layanan Informasi Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Resiliensi Akademik Siswa MAS Al-Washliyah

Aulia, Mutiara (Unknown)
Manurung, Purbatua (Unknown)
Putra Sinaga, Muhammad Harwansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Ditemukan siswa yang stres karena beban tugas dan pelajaran yang banyak, kesulitan mengikuti aturan yang ada, pelajaran yang berbeda dengan sekolah lainnya, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, dan kurang mampu menyesuaikan diri dengan komitmen proses akademik sekolah sehingga siswa cenderung memiliki tingkat resiliensi akademik yang rendah. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pretest-posttest control group design dengan tujuan untuk mengetahui resiliensi akademik siswa sebelum diberikan layanan informasi teknik cognitive restructuring, mendeskripsikan layanan informasi untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa dan mengetahui pengaruh layanan informasi teknik cognitive restructuring terhadap resiliensi akademik siswa MAS Al-Washliyah. Hasil penelitian bahwa terbukti resiliensi akademik siswa pada kelompok eksperimen tergolong rendah 100% dan pada kelompok kontrol resiliensi akademik siswa 86,66% rendah dan 13,33% sedang, penerapan layanan informasi di sekolah MAS Al-Washliyah belum maksimal karena tidak ada jam BK di sekolah, dan terdapat pengaruh layanan informasi teknik cognitive restructuring terhadap resiliensi akademik siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

teraputik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

JURNAL TERAPUTIK : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling published original manuscripts relating to the following: School Counseling; Psychology Counseling; Career Counseling; Couple, Marriage and Family Counseling; Mental Health; Counseling Supervision; Theory Development; Professional Counseling ...