Musamus Journal of Technology & Information
Vol 6 No 02 (2024): Musamus Journal of Technology & Information (MJTI)

PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SISTEM INFORMASI SERVICE COMPUTER DI KOTA MERAUKE BERBASIS WEB

Jayawardana, Hasanudin (Unknown)
Latif, Agustan (Unknown)
Hasbi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Jasa servis komputer adalah pelayanan perbaikan komputer atau laptop yang diberikan oleh pemilik atau karyawan jasa sevis kepada orang yang memiliki masalah terkait laptop atau komputernya. Dalam jasa perbaikan komputer biaya yang dikeluarkan pada umumnya sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada komputer, namun ada juga saat servis komputer yang tidak perlu membayar yaitu ketika komputer yang baru dibeli dan berstatus garansi mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh sistem komputer itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi yang menerapkan Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sistem Informasi Service Computer Di Kota Merauke yang berbasiskan Web agar membantu pelanggan dalam mencari tempat servis komputer yang dapat menyelesaikan permasalahan pada komputer pelanggan dengan cepat dan terkonfirmasi dan memiliki ketersediaan sparepat komputer serta membantu pelanggan agar biaya biaya perbaikan yang dikeluarkan tidak banyak. Metode pengembangan sistem kepuasan pelanggan pada sistem informasi servis komputer menggunakan metode waterfall. Hasil penelitian ini berupa Sistem Informasi Service Computer yang menerapkan CustomerRelatonship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kota Merauke Berbasis Web yang membantu pelanggan dalam mencari tempat servis komputer yang dapat menyelesaikan permasalahan pada komputer pelanggan dengan cepat dan terkonfirmasi dan memiliki ketersediaan spare part untuk melakukan servis komputer dan juga biaya yang dikeluarkan pelanggan tidak banyak. Aplikasi ini telah diuji menggunakan dua jenis penguji, pertama menggunakan pengujian black box menyatakan aplikasi ini dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dan pengujian kedua menggunakan skala likert dengan hasil 76% menyataakan sangat setuju dan puas terhadap sistem yang telah di dihasilkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

it

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Musamus Journal of Technologi & Information (MJTI) is a peer-reviewed published by Faculty Of Enginering, Musamus University, Merauke, Papua, Indonesia. MJTI published twice a year (October and ...