ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 4 No. 1 (2024): (Februari 2024)

Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Tanah Liat di PAUD Ayesha Kabupaten Bungo

Wulandari, Putri (Unknown)
Indhra, Feerlie Moonthana (Unknown)
Adilla, Ulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada siswa kelompok B Paud Ayesha melalui media tanah liat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B Paud Ayesha yang berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada siswa kelompok B Paud Ayesha. Meningkatnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri dapat dibuktikan dengan peningkatan dari hasil observasi prasiklus, siklus I dan siklus II. Kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada prasiklus menunjukkan rata-rata persentase 26,66%. Pada siklus I meningkat mencapai 66,65% dan siklus II meningkat mencapai persentase 83,3% dan telah memenuhi indikator keberhasilan minimal 76% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media tanah liat dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri di kelompok B Paud Ayesha Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alayya

Publisher

Subject

Religion Education Neuroscience Social Sciences Other

Description

ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini the journal is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. Journal aims to provide a forum for consideration of issues and for the exchange of information and ideas on research and practice in the ...