Ibu hamil, sebagai kelompok yang rentan terhadap berbagai isu kesehatan, seringkali menghadapi tantangan, termasuk masalah umum seperti anemia. Anemia pada ibu hamil merupakan masalah kesehatan yang signifikan dengan dampak potensial terhadap kesejahteraan ibu dan janin. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi pengaruh edukasi kesehatan terhadap pengetahuan ibu hamil mengenai gejala anemia. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pra eksperimental dengan pendekatan One group pra posttest design. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk menilai pengetahuan ibu hamil tentang anemia dan gejala yang terkait. Setelahnya, dilakukan sesi penyuluhan sebagai bentuk edukasi kesehatan. Analisis menggunakan uji N-gain ternormalisasi. Temuan penelitian ini menggambarkan bahwa penerapan uji N-gain ternormalisasi pada kuesioner pretest dan posttest memberikan gambaran yang komprehensif mengenai peningkatan pengetahuan ibu hamil terhadap gejala anemia setelah menerima sesi penyuluhan.
Copyrights © 2024