Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Sakit Mutiara Bunda Tulang Bawang

Ribowo, Riko (Unknown)
Ardansyah, Ardansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Rumah sakit merupakan lembaga pelayanan kesehatan paripurna yang menyediakan layanan gawat darurat, rawat jalan dan rawat inap yang penyelenggaraanya dilakukan oleh dokter, perawat dan tenaga ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian dilakukan di poliklinik Rumah sakit mutiara bunda pada bulan desember tahun 2023. Metode penelitian analitik deskriptif dengan desain cross sectional terhadap 100 sample. Teknik pengambilan sample consecutive sampling. Variable bebas (Independent) adalah kualitas layanan yang terdiri dari variabel keandalan(reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), bukti fisik (tangibles), dan variabel terikat (dependents) adalah loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner. Metode analisis menggunakan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil uji t terhadap lima variabel kualitas layanan yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik menunjukan nilai t hitung > t tabel dan nilai signifikasi <0,05 sehingga dapat disimpulkan kelima variabel kualitas layanan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji F menunjukan tingkat signifikasi = 0,000 sehingga dapat disimpulkan lima variabel kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 = 0,905 berarti kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 90,5% terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan penelitian ini kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...