Journal of Education Research
Vol. 5 No. 2 (2024)

Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Warna dengan Menggunakan Media Balok pada Anak Usia Dini

Hidayana, Dina (Unknown)
Izzah, Ismatul (Unknown)
Kiromi, Ivonne Hafidlatil (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal penting bagi setiap individu terutama anak usia dini, dalam hal ini anak membutuhkan stimulasi yang baik salah satunya pada aspek kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna melalui penggunaan media balok kelompok di TK PGRI Al Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan subjek penelitian adalah seluruh murid TK PGRI AL hidayah. Media balok kelompok digunakan sebagai sarana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk memperkenalkan warna kepada anak-anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan anak dalam mengenal warna setelah menerapkan media balok kelompok. Anak-anak menunjukkan minat yang tinggi dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan media balok kelompok memberikan dampak positif terhadap perkembangan kognitif anak, meningkatkan keterampilan motorik, dan memperkuat kemampuan sosial mereka. Sedangkan, keefektifan media balok dapat diketahui melalui daya ingat dalam menyelesaikan masalah saat proses pembelajaran konsep bilangan, bentuk, ukuran dan warna. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks pendidikan anak usia dini dengan menunjukkan bahwa penggunaan media balok kelompok efektif dalam meningkatkan pemahaman warna anak-anak. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi pendidik dan lembaga pendidikan untuk memperkaya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan potensi anak dalam mengenal warna secara menyenangkan dan interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...