Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di TK Aisyiyah XI Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Data didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tiga analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah dan dua guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di TK Aisyiyah XI Kota Bengkulu yaitu kepala sekolah: sebagai educator guru mengikuti pelatihan atau seminar offline maupun online yang dapat diakses di PMM sebagai manajer memberikan arahan kepada guru untuk merencanakan dan menyusun modul ajar, sebagai administrator dapat memberdayakan guru dengan memberikan tugas dan tanggung jawab, sebagai supervisor melakukan pertemuan dengan guru untuk mencari solusi apabila terjadi kendala dalam penerapan kurikulum merdeka.sebagai leader memberikan arahan untuk mengikuti pelatihan, sebagai innovator melakukan musyarawarah untuk mencari inovasi baru,sebagai motivator memberi motivasi guru untuk mengikuti pelatihan.
Copyrights © 2024