Journal of Education Research
Vol. 5 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi

Dailami, Dailami (Unknown)
Sudarti, Nila (Unknown)
Sartika, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri satu Air Joman Tahun Ajaran dua ribu dua puluh tiga atau dua ribu dua puluh empat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ada dua kelas  yang diambil secara random sampling class. Pada kelas IPSdua  sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berjumlah tiga puluh enam dan pada kelas IPS satu sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional berjumlah tiga puluh lima. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil nilai kemampuan menulis teks eksplanasi kelas eksperimen memiliki skor rata-rata delapan puluh dua membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri satu Air Joman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...