Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Peran Guru Melalui Metode Bercerita dalam Perkembangan Bahasa Anak

Ramadani, Novia (Unknown)
Harjani , Haryanti Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru melalui metode bercerita dalam perkembangan bahasa di TK Al-Istiqomah kelompok A Desa Cibeteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman. Subyek pada penelitian ini berjumlah lima belas anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Peran guru sebagai pembimbing melalui metode bercerita dalam perkembangan bahasa di TK Al-Istiqomah Kelompok A telah berhasil diterapkan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; Tahap perkembangan bahasa anak seperti pralinguistik, linguistik, holofrasis, dan ucapan dua kata. Hasil penelitian di TK Al-Istiqomah Desa Cibeuteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provisi Jawa Barat memperoleh perkembangan bahasa yang baik dan meningkatkan kosa kata dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan anak sudah dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik saat berinteraksi dengan teman sebaya sehingga anak memperoleh banyak kosa kata. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...