Media pembelajaran merupakan komponen penting sebagai alat perantara bagi guru agar siswa menerima materi pembelajaran. Media ini sangat membantu guru dalam mengajar dan memberikan banyak manfaat. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar akan menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien, seperti penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Hasil kesimpulan pada penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dengan penggunaan media video youtube guru menyampaikan isi materi bangun ruang dengan jelas melalui visualisasi yang menarik, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang kembali materi bangun ruang yang sudah disampaikan, membuat siswa tidak merasakan jenuh dalam memahami materinya, dan dapat memotivasi siswa terutama pada pembelajaran matematika.
Copyrights © 2024