Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 7 No 2 (2023): Volume 7 Nomor 2 Edisi Desember 2023

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN ASSESSMENT QUIZZIZ PAPER MODE DI SMP NEGERI 38 PALEMBANG

Restaviana, Imanda (Unknown)
Alfiandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan quizziz paper mode yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas VII,4 di SMP Negeri 38 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, didalam metode PTK ada 4 tahap yang harus dilakukan peneliti yakni; 1) Perencanaan; 2) Tindakan; 3) Pengamatan; dan 4) Refleksi. Kegiatan dilakukan selama 3 siklus yaitu; 1) Pra siklus; 2) Siklus 1; dan 3) Siklus 2. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan tes pilihan ganda. Soal yang dibuat berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan atau tindakan yang sudah dirancang pada tahap perencanaan. Pada pra siklus didapatkan hasil rata-rata nilai hanya 57,2, dan peserta didik yang mencapai KKM hanya 13 peserta didik serta persentasenya 36%. Selanjutnya pada siklus I dan II terus mengalami peningkatan mulai dari rata-rata nilai menjadi 66,9 dan 89,7 dan persentasenya mencapai 61% dan 83%. Peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil dari penelitian maka kesimpulannya yakni penggunaan quizziz mode paper dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kewarganegaraan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran ...