Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di MTs Negeri 4 Jombang. Persaingan yang ketat dalam dunia pendidikan menuntut seluruh pemasar untuk mampu menjalankan kegiatan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Humas, Wakil Kepala Kesiswaan, dan Guru. Data yang terkumpul untuk observasi data wawancara dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa MTs Negeri 4 Jombang memiliki strategi pemasaran target pasar sasaran yang mana target pasaran memenuhi kebutuhan dan keinginan para peserta didik baru, Minat peserta didik memiliki minat bersekolah apabila cocok dengan pilihan peserta didik tersebut, dan Strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh madrasah adalah memasarkan madrasah melalui media cetak seperti banner, pamflet, brosur. Tidak hanya itu, pemasaran madrasah juga dilakukan melalui media sosial seperti instagram, twiter, whatsapp, facebook dan tiktok. Komunikasi pihak internal dan eksternal juga merupakan pemasaran yang baik serta pertukaran informasi alumni.
Copyrights © 2024