Dalam era digitalisasi, strategi manajemen minat baca melalui perpustakaan jalan di Askara menjadi sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam aktivitas membaca. Tujuan penelitian ini akan meneliti bagaimana strategi manajemen minat baca di era digitalisasi melalui perpustakaan jalan di Askara Aksara dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Antusiasme masyarakat untuk membaca, khususnya generasi digital, sangat dipengaruhi oleh pergeseran era menuju digitalisasi. Dalam hal ini, upaya masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dengan membuat perpustakaan menjadi lebih inovatif. Program perpustakaan jalan Askara Aksara adalah upaya untuk membangun komunitas. The Character Soldier adalah perpustakaan jalanan yang membantu peserta yang berdedikasi belajar tentang buku dan membaca. Di tengah arus informasi digital, metode ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan keterlibatan masyarakat dalam literasi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi Askara Aksara berhasil meningkatkan minat baca masyarakat, terutama di kalangan generasi digital. Peningkatan frekuensi kunjungan, partisipasi dalam kegiatan literasi, dan perubahan perilaku membaca menunjukkan keberhasilan tersebut. Keyword; Strategi Manajemen Pemberdayaan, Perpustakaan Jalanan, Era Digitalisasi.
Copyrights © 2024