Honai
Vol. 5 No. 1 (2023): Honai

IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTs DARUD DA’WAH WAL IRSYAD (DDI) SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Astutik, Sri (Unknown)
Umkabu, Talabudin (Unknown)
Huda, Miftahul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelaksanaan pembelajaran tahfiz al-Qur’an pada siswa di Madrasah Tsanawiyah DDI Sentani Kabupaten Jayapura dan menganalisa perubahan karakter siswa setelah mengikuti program tahfiz al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah DDI Sentani Kabupaten Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik. Objek penelitian adalah siswa, guru tahfiz, guru kelas, kepala madrasah, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman, yang melipiti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi pembelajaran tahfiz al-Qur’an telah memenuhi standar manajemen pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran gabungan antara lain; talaqqi, takrir, muroja’ah, dan iktibar.  Kedua, Implementasi pembelajaran tahfiz al-Qur’an mampu merubah karakter siswa menjadi lebih baik. Karakter yang menonjol yaitu: religius, jujur, disiplin, mandiri, percaya diri, sopan/santun, dan tanggung jawab.   Abstract This study aims to analyze the implementation of learning tahfiz al-Qur'an to students at Madrasah Tsanawiyah DDI Sentani, Jayapura Regency and analyze changes in student character after participating in the tahfiz al-Qur'an program at Madrasah Tsanawiyah DDI Sentani, Jayapura Regency. This research is a qualitative research using a pedagogic approach. The objects of research are students, tahfiz teachers, class teachers, madrasa heads, and parents of students. Data collection is done by in-depth interviews, observation, and documentation. The data analysis technique uses Miles and Huberman's qualitative analysis technique, which includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that: First, the implementation of learning tahfiz al-Qur'an meets learning management standards, namely planning, implementing, and evaluating learning by using combined learning methods including; talaqqi, takrir, muroja'ah, and iktibar. Second, the implementation of learning tahfiz al-Qur'an is able to change the character of students for the better. The prominent characters are: religious, honest, disciplined, independent, confident, polite/polite, and responsible.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal Honai menampilkan artikel dengan ruang lingkup yang beragam. Keragaman ruang lingkup yang meliputi aspek studi Pendidikan, sosial, keagamaan dan administrasi. Sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan dari hasil penelitian dan gagasan ilmiah yang dilakukan widyaiswara, peneliti, dan praktik ...