Performa mesin mencakup daya, torsi dan durbality pada mesin cara untuk meningkatkan performa mesin salah satunya adalah dengan melakukan penggantian filter udara standar dengan filter udara racing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan antara perbandingan penggunaan filter udara dan emisi pada sepeda motor scoopy 110cc. Berapa power (daya) dan torsi yang dihasilkan setelah dilakukan penggantian filter racing.Metode penelitian menggunakan metode literatur dan eksperimen dengan berbagai ilmu yang bersumber dari buku, termasuk penelitian dan eksperimen atau percobaan dalam sebuah perubahan elemen. Berdasarkan hasil analisis data penelitian terdapat perbedaan antara filter udara racing dan filter standar. Yakni dari segi emisi gas buang dan performa. filterasi standar lebih padat sehingga penyaringan lebih bagus namun lebih banyak hambatan udara. Sedangkan pada filter racing filterasinya berkurang karena hanya menggunakan busa. Namun, udara yang masuk lebih flow atau lebih banyak dari sebelumnya. Terdapat perubahan performa mesin pada daya dan torsi, diambil dari data hasil dynotes yaitu dengan daya mencapai yaitu untuk daya 7.16 HP di 7436 RPM dan torsi 10.5 Nm di 4529 RPM. Hasil emisi gasbuang jga menunjukan yaitu dengan HC (HidroCarbon) yaitu bahan bakar yang keluar dari injector 120 ppm vol dan CO2 CarbonDioksida (udara yang dihisap kendaraan) 5,5 %vol menghasilkan sisa campuran dari hasil pembakaran = λ (lamda) 2.490. Penggunaan filter racing sangat berpengaruh besar terhadap performa mesin baik itu daya maupun torsi karena adanya angka kenaikan pada saat dyno tes terdapat perubahan pada daya dan torsi.kata kunci : Racing, Daya, dan Torsi.
Copyrights © 2024