Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 3 (Juli 2024)

Strategi Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Berhitung Matematika Melalui Penggunaan Game Edukasi Kartu Pintar

Ananda, Ema Rizky (Unknown)
Irawan, Wahyu Hengky (Unknown)
Abdussakir, Abdussakir (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini membahas konsep permainan dan game, serta penggunaannya dalam konteks pembelajaran, terutama dalam pendidikan matematika di sekolah dasar. Game diartikan sebagai aktivitas terstruktur yang dilakukan untuk hiburan dan pembelajaran. Penelitian menyoroti pentingnya game edukasi, yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran melalui media yang menarik. Contohnya, penggunaan kartu pintar dalam pembelajaran matematika yang melibatkan visualisasi konsep-konsep matematika dasar seperti penjumlahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa studi kasus dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa sebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebanyak 16 siswa dari 20 siswa atau 80% yang berpartisipasi dalam menggunakan media game kartu pintar, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tersebut cukup berhasil dalam menarik minat siswa dan melibatkan mereka dalam pembelajaran matematika. Hasil wawancara dan survei terhadap siswa dan guru mengindikasikan bahwa metode pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...