Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 1 (Januari 2024)

Asesmen Keberbakatan Nontes Untuk Mengidentifikasi Siswa Berbakat (Giftedness)

Rahmah, Hardiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Siswa berbakat atau gifted masih jarang diidentifikasi menggunakan metode nontes seperti pengisian angket, observasi dan wawancara, karena kebanyakan identifikasi siswa berbakat biasanya dengan melalui serangkaian tes psikologi, padahal selain tes psikologi yang hanya bisa dilakukan oleh Psikolog asesmen keberbakatan juga bisa dilakukan dengan metode nontes yaitu dengan mengisi angket nominasi dari orang tua, guru, diri sendiri dan teman sebaya, disertai dengan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi prestasi siswa. Sehingga tujuan pada penelitian ini adalah melakukan asesmen keberbakatan dengan metode nontes untuk mengidentifikasi siswa berbakat di tingkat sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan mengisi angket survei oleh subjek, teman sebaya, orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek penelitian dapat diidentifikasi keberbakatannya melalui metode nontes atau hanya dengan hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan hasil angket survei nominasi orang tua, guru, teman sebaya dan diri sendiri sebagai identifikasi tahap awal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...