IPAS merupakan pembelajaran yang hadir sebagai implementasi kurikulum merdeka. IPAS juga berperan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Namun dalam pelaksanaannya di sekolah guru masih kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran ini terutama dalam mewujudkan nilai yang ada dalam profil pelajar Pancasila, salah satunya nilai karakter nasionalisme dan menyediakan media pembelajaran. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengembangkan media Flipbook Jelajah Negeriku yang memiliki muatan nilai karakter nasionalisme atau cinta tanah air. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil dari penelitian pengembangan ini menghasilkan flipbook sebagai media pembelajaran IPAS dengan skor hasil uji validasi ahli materi sebesar 88%, ahli media sebesar 96,33%, dan ahli bahasa sebesar 100% dengan total rata-rata skor validasi sebesar 97% dan mendapatkan kategori sangat layak. Kemudian, pada tahap uji coba kepraktikan, hasil dari uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 97,1%, uji coba kelompok kecil 99,6%, dan uji coba kelompok besar 97,13%, dengan total rata-rata skor sebesar 97,33% dan mendapatkan kategori sangat layak. Sehingga, Flipbook Jelajah Negeriku yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2024