Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 3 (Juli 2024)

Pengembangan Media Interaktif Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Daerahku dan Kekayaan Alamnya untuk Peserta Didik Fase B Sekolah Dasar

Tifani, Sava Rhama Dina (Unknown)
Nugraha, Rana Gustian (Unknown)
Karlina, Dety Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Pengetahuan dan wawasan peserta didik mengenai daerah tempat tinggalnya perlu dikenalkan bahkan ditingkatkan. Hal tersebut penting dilakukan sebab di waktu yang akan datang peserta didik berpotensi untuk mengambil peran penting dalam pengelolaan dan pelestarian potensiĀ  kekayaan alam di daerah tempat tinggalnya. Melalui pembelajaran IPAS dalam implementasi kurikulum merdeka berupaya menghadirkan kesempatan bagi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran sesuai dengan minat belajarnya untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa flipbook digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pada tahap desain dihasilkan flipbook yang memuat materi, animasi, video pembelajaran, audio dan permainan interaktif yang dibuat melalui situs Canva. Kemudian pada tahap pengembangan dilakukan dengan mengunggah hasil desain flipbook pada situs Heyzine untuk dilakukan pemograman pada setiap halaman flipbook, kemudian dilakukan uji validasi oleh ahli terkait dengan validasi materi, bahasa, dan media. Hasil validasi materi dan bahasa menunjukkan angka 82%, kemudian hasil validasi media mendapatkan angka 92%. Pada tahap Implementasi dilakukan uji coba pada kelas IV sekolah dasar yang dilakukan melalui tiga tahap, pertama pada uji coba perorangan pada 6 orang peserta didik menghasilkan persentase kelayakan sebesar 90%, kedua uji coba kelompok kecil pada 15 orang peserta didik menghasilkan kelayakan sebesar 93%, dan ketiga uji coba kelompok besar pada 30 orang peserta didik menghasilkan kelayakan sebesar 97%. Berdasarkan persentase kelayakan yang diperoleh, flipbook yang dikembangkan dikualifikasikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPAS pada materi daerahku dan kekayaan alamnya. Penggunaan media pembelajaran flipbook ini dapat menunjang terciptanya pembelajaran yang memacu keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPAS melalui prinsip terdiferensiasi yang menciptakan suasana belajar yang beragam sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...