Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 9 No. 4 (2023)

Evaluasi Program Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kayen

Hendra Purwanto (Unknown)
Hadi Suprapto (Unknown)
Nurmahmudi Ismail (Unknown)
Nurfitriya (Unknown)
Muhammad Andi Syafruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2023

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengevaluasi program yang terdiri dari aspek context, input, process, dan product program pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta, manfaat penelitian agar dapat mengetahui memahahi dan mengimplementasikan tentang evaluasi program pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, Sumber data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yaitu aspek context dikatakan baik, program sudah sesuai dengan kebutuhan. Aspek input dikatakan baik, sarana dan prasarana untuk menunjang program sudah disediakan, perencanaan sudah dilakukan sekolah dan anggaran dana disesuaikan dengan kebutuhan program. Aspek proses dikatakan cukup baik, karena kegiatan program telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, pengelola dan pelaksana program. Aspek product kurang baik, karena tujuan belum tercapai secara maksimal, terlihat dari jumlah siswa yang mengikuti program ekstrakurikuler kelas V Tahun Ajaran 2020 yang bisa membaca Al-Qur’an hanya 11 dari 58 peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...