Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan tranformasional, kompetensi, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMA Muhammadyah 2 Gemolong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di SMA Muhammadyah 2 Gemolong yang berjumlah 35 guru., data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, regresi linier berganda, uji t dan uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kepemimpinan dan disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan secara parsial kompetensi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru. Sedangkan variabel disiplin kerja paling dominan. Uji koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 51,5% yang berarti variabel kinerja guru dapat dijelaskan oleh variabel dalam penelitian ini, dan sisanya 48,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti misalnya, motivasi, loyalitas, dan komunikasi.
Copyrights © 2024