Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan
Vol 9 No 2 (2023): Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan

Implementasi Homeschooling Khoiru Ummah dan Perannya Dalam Pembentukan Akhlak Dan Motivasi Belajar Anak Di Pangkalpinang

Iswanto, Yuni (Unknown)
Fajri, Fajri (Unknown)
Heriyadi, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat Implementasi Homeschooling Khoiru Ummah dan perannya dalam pembentukan akhlak dan motivasi belajar anak di Pangkalpinang. Dalam system pendidikan nasional mengakui ada 3 jalur pendidikan yaitu pendidikan formal, non formal dan informal. Jalur pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Jalur pendidikan non formal adalah jalur pendidikan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan atau pelengkap pendidikan formal. Jalur pendidikan informal adalah jalur pedidikan keluarga dan lingkungan, hasil pendidikan informal diakui sama dengan pendidikan formal dan non formal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan.Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian atau penyelidikan yang bertujuan pada pemecahan masalah yang ada pada homeschooling Khoiru Ummah Pangkalpinang. Dengan tujuan untuk mengetahui implementasi homeschooling Khoiru Ummah dalam membentuk akhlak dan motivasi belajar anak di Pangkalpinang. pengumpulan data utamanya dilakukan melalui observasi dab wawancara mendalan. Selanjutnya semua data yang terkumpul baik data primer dan sekunder yang berbentuk buku, karya ilmiah, artikel, hasil observasi atau wawancara dianalisis (content analysis).Hasil penelitian menunjukkan implementasi homeschooling dalam pembentukan akhlak dan motivasi belajar terdiri dari 3 aspek yaitu perencanaan, aspek implementasi, dan aspek evaluasi. Peran guru sebagai inspiratory yaitu memberikan ketauladanan sikap, etos belajar dan keilmuan. Adapun factor penghambat homeschooling khoiru ummah adalah orang tua, lingkungan belajar, semangat belajar, suasana belajar, media pembelajaran terbatas serta anak-anak pindahan sekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, ISSN 2598-8115 (print) and 2614-0217 (electronic) is published twice a year (Juli and December) by the Graduate Program IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal departs from philosophy and Religious Education, which aims at ...