Jurnal Abdimas Indonesia : Jurnal Abdimas Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2024): April-Juni 2024

Sosialisasi Konsep dan Tujuan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran

Harpiani, St (Unknown)
Hasanah, Uhwah (Unknown)
Ilham S, Muhammad (Unknown)
Wahyuni, Citra (Unknown)
Allo, Agus Pampang (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilatar belakangi oleh pemahaman guru terkait profil pelajar Pancasila dan penerapannya di sekolah belum maksimal. Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari persiapan untuk pembentukan tim pengabdian, observasi ke sekolah, pelaksanaan kegiatan melalui pemaparan materi dan sesi diskusi, serta evaluasi kegiatan dengan membagikan angket kepada para peserta. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 12 orang. Hasil yang diperoleh bahwa 80% di sekolah mitra belum mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dalam proses belajar mengajar, dan 20% guru yang telah mengimplementasikan profil pelajar Pancasila. Setelah mengikuti kegiatan, 80% guru menjawab mampu mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran nantinya. Berdasarkan hasil yang telah diperolah, membuktikan bahwa kegiatan sosialisasi yang diberikan kepada guru-guru yang berada di SDN No. 35 Inp. Pangagalo berhasil dilaksanakan dengan baik. Implikasi dalam kegiatan pengabdian ini ialah para pendidik lebih memahami terkaita Profil Pelajar Pancasila dan mampu mengimplementasikannya dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jai

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

JAI: Jurnal Abdimas Indonesia (ISSN 2797-2887) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia. Jurnal Abdimas Indonesia adalah jurnal yang bertaraf Nasional yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini ...