Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Banda Aceh.Populasi penelitian adalah seluruh dosen tetap Universitas Muhammadiyah Aceh.Sampel penelitian berjumlah 100 orang dan dipilih secara random. Hasil penelitian mendapati bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi berturut-turut adalah 0,002 dan 0,000., lebih kecil dari 0,05. Nilai uji F mendapati bahwa secara simultan kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,000, lebih kecil dari 0,000. Sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 42%.Tingkat hubungan antara variabel independen dan variabel dependen adalah kuat, ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,648.Implikasi dari penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia harus selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan nasabah.
Copyrights © 2023