cover
Contact Name
Hemma Marlenny
Contact Email
jurnal.ekispersya@unmuha.ac.id
Phone
+628116812469
Journal Mail Official
jurnal.ekispersya@unmuha.ac.id
Editorial Address
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Jalan Muhammadiyah No.91, Batoh LuengBata BandaAceh23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JIEPS: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh
ISSN : -     EISSN : 28078381     DOI : https://doi.org/10.37598/jeips.v1i2,Nov
Core Subject : Economy, Education,
JIEPS: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in islamic economic, syariah banking, economic of Islam policy, economic management, economic of Islam best practise, increasing economic of islam, management of economic of Islam, curriculum and preparation of science econom and bankirs with the am to advance our knowledge of Islam economic and syariah banking theory and practice. Moreover, this journal also cover the issues corcerned with environmental of Islam economic and syariah banking.
Articles 24 Documents
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI DALAM MEMILIH PRODUK PERBANKAN SYARIAH KOTA BANDA ACEH Munawan Munawan; puji aryani; susi wardani
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 1, Mei (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.97 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i1, Mei.1032

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah Bank Syariah Mandiri memilih produk perbankan syariah kota Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dilakukan terhadap Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Aceh yang menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri kota Banda Aceh dan sampel diambil sebanyak 54 mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel pengetahuan, lokasi, dan bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih produk perbankan syariah. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 13,017 dengan probalitas signifikasi 0,000. Sedangkan secara parsial ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih produk perbankan syariah kota Banda Aceh. Hal ini dibuktikan, variabel pengetahuan dengan nilai t-hitung sebesar 2,018, dan probabilitas signifikan 0,000. Variabel lokasi dengan nilai t-hitung sebesar 2,061 dan probabilitas signifikan 0,047. Variabel bagi hasil dengan nilai t-hitung 1,557 dan probabilitas signifikan 1,128. Berdasarkan uji R Square (R) pengaruh yang diberikan sebesar 20,5% sedangkan sisanya  79,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.  
Analisis Potensi dan Pengelolaan Wakaf Produktif Pada Masjid di Kota Sigli Kabupaten Pidie rahmi muharram; junia farma; fithriady fithriady
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 2,November (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.705 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i2,November.1196

Abstract

Salah satu upaya dalam pengentasan kemiskinan adalah dengan adanya pemberdayaan wakaf produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan pelaksanaan wakaf produktif pada masjid-masjid di Kota Sigli. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan objek pada penelitian ini berjumlah 3 masjid yaitu, masjid Al-Falah Sigli, masjid Istiqamah Lampoh Krueng, dan masjid Istiqamah Blang Paseh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi harta wakaf produktif masjid-masjid Kota Sigli yaitu rumah, tanah pertanian, dan lancang garam. Hasil dari pengelolaan wakaf produktif diperuntukkan untuk masjid. Pelaksanaan wakaf produktif di masjid-masjid Kota Sigli masih sangat sederhana dan tradisional.
PENGARUH PROMOSI DAN PENGETAHUAN TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMILIHBANK SYARIAH Suryadi Afdilla; puji aryani; hemma marlenny
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 1, Mei (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.959 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i1, Mei.1033

Abstract

AbstrakIstilah Bank Islam atau Bank Syariah merupakan fenomena baru dalam dunia ekonomi modern, kemunculannya seiring dengan upaya gencar yang dilakukan oleh para pakar Islam dalam mendukung ekonomi Islam yang diyakini akan mampu mengganti dan memperbaiki sistem ekonomi konvensional yang berbasis pada bunga.Masih banyak  masyarakat yang belum mengetahui mengenai produk jasa yang ditawarkan baik mekanisme, sistem, dan seluk-beluk bank syariah. Sistem bank syariah menerapkan sistem bebas bunga (interest free) dalam operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, pengetahuan terhadap minat masyarakat memilih bank syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang calon nasabah PT. Bank Aceh Syariah Cabang Kantor Wali Kota Banda Aceh. Data dalam penelitian ini menggunakan jenis  data kuesioner.Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung 6,863 lebih besar dari F tabel 3,20. artinya secara simultan variabel Promosi (X1), Pengetahuan (X2), berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat memilih PT. Bank Aceh Syariah. Secara parsial, promosi (X1) nilai t hitung sebesar 2,021, dan pengetahuan (X2) nilai hitung 3,084 menunjukkan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat memilih PT. Bank Aceh Syariah.Bagi PT. Bank Aceh Syariah disarankan untuk meningkatkan promosi, kreatifitas promosi, sosialisasi pengetahuan terhadap keunggulan produk-produk bank syariah guna menarik masyarakat untuk memilih bank syariah. 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN TAMBANG LOGAM DAN MINERAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020 desi purnamasari; Cut Fitrika Syawalina
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 2,November (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.943 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i2,November.1179

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan  dan Laba Akuntansi secara simultan dan secara parsial terhadap Return Saham pada perusahaan Tambang Logam dan Mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 sampel perusahaan Tambang Logam dan Mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan mengggunakan analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan  dan Laba Akuntansi secara simultan berpengaruh terhadap Return Saham pada perusahaan Tambang Logam dan Mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kemudian secara parsial Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan  dan Laba Akuntansi berpengaruh terhadap Return Saham pada perusahaan Tambang Logam dan Mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
ANALISIS DAMPAK PERKEMBANGAN MATA UANG DIGITAL BITCOIN DALAM PEREKONOMIAN (STUDI TERHADAP KEBERADAAN UNSUR GHARAR) Niki Fitriani
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 1, Mei (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.499 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i1, Mei.1034

Abstract

 Salah satu indikator ekonomi yang berpengaruh terhadap perekonomian secara global adalah mata uang digital  bitcoin. Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto dimana mata uang ini adalah mata uang digital  yang mendasarkan transaksi pembayaran secara online. Indonesia sebagai negara hukum harus menetapkan hukum tertentu berkaitan dengan mata uang digital yang mulai menyebar dan digunakan sebagai alat pertukaran atau pembayaran di Indonesia. Pada tanggal 6 Febuari 2014, Bank Indonesia menetapkan undang-undang berkaitan dengan mata uang digital, yaitu undang-undang No 16/6/DKom. Undang-undang ini menjelaskan tentang larangan menggunakan mata uang digital, resiko yang ada dalam menggunakan mata uang digital ditanggung sendiri oleh pengguna. Penelitian ini adalah penelitian juridis normatif yang bertujuan untuk mengetahui hukum berkaitan dengan penggunaan mata uang digital dilihat dari perspektif syariah Islam. Wawancara digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data primer, disamping telaah dokumen sebagai alat untuk mengumpulkan data sekunder. Lima orang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Unversitas Islam Negri Ar-raniry sebagai informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari perspektif Islam penggunaan mata uang digital ini tidak sesuai dengan syariah Islam karena adanya persyaratan yang tidak terpenuhi dalam transaksi mata uang digital seperti bitcoin. Keberadaan unsur gharar dan maisir merupakan alasan utama transaksi mata uang digital dilarang dalam Islam, seperti disebutkan dalam Fatwa DSN-MUI: Number 28/DSN-MUI/III/2002 tentang pertukaran mata uang.  
PENGARUH FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL BEHAVIOR, FINANCIAL ATTITUDE, DAN DEMOGRAFI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH) teuku rinaldy fazly; puji aryani; junia farma
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 2,November (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.692 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i2,November.1197

Abstract

Setiap orang memiliki tuntutan untuk memenuhi kebutuhan. Namun dalam kenyataanya mereka cenderung lebih mendahulukan keingingan, sehingga menimbulkan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial literacy, financial behavior, financial attitude, demografi terhadap perilaku konsumtif. Pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 90 responden mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh menggunakan teknik sampel non probability sampling Analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial literacy tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, financial behavior tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, financial attitude berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, dan demografi berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah. 
PENGARUH INTERNET BANKING, MOBILE BANKING DAN ATM TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI KC PALEMBANG SIMPANG PATAL M. Somadi; Havis Aravik; Choirunnisak Choirunnisak
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 2,November (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.195 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i2,November.1126

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Internet Banking, Mobile Banking dan ATM terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Palembang Simpang Patal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan layanan Internet Banking, Mobile Banking dan ATM pada PT Bank Syariah Indonesia KC Palembang Simpang Patal. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan metode kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa Internet Banking, Mobile Banking dan ATM secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Palembang Simpang Patal. Berdasarkan pada pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,829 berarti 82,9% faktor-faktor Kepuasan Nasabah dapat dijelaskan oleh Internet Banking, Mobile Banking dan ATM. Sedangkan sisanya sebesar 17,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci: Internet Banking, Mobile Banking, ATM dan Kepuasan Nasabah.
PENGARUH RASIO KINERJA KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2009-2018 Ulfa Noviana; Israk Ahmadsyah; Ana Fitria
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 1, Mei (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.512 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i1, Mei.949

Abstract

ROA ratio is a ratio that measures a bank's ability to generate overall profits. ROA high and low depends on the management of the company's assets by management. The higher the ROA the more efficient the company's operations and rather, the lower ROA can be caused by several factors that influence it, one of which is the company's internal factors. This study aims to see the effect of Capital Adequacy Ratio (CAR), Performing Financing (NPF) and Financing to Deposit Ratio (FDR) on Return On Assets (ROA). The method used is quantitative with the sample in this study were 5 Islamic commercial banks in Indonesia. Research that uses a combined panel data regression model from time series and cross section data with the chosen approach is the Fixed Effect Model (FEM). Data processing using the Eviews 9 program. The results of the research that have been conducted show that simultaneously the CAR, NPF and FDR variables affect the ROA of Islamic Commercial Banks. Partially the CAR and FDR variables have no significant effect on ROA and NPF have a negative and significant effect on ROA. The coefficient of determination (R2) is 0.515 which indicates that the effect of the independent variables (CAR, NPF and FDR) on ROA is 51.5% while the remaining 48.5% is due to other factors outside the panel data regression model studied. For the Islamic Commercial Banks in Indonesia, they are able to optimize available capital to the maximum in order to increase bank profitability, reduce the NPF ratio in non-performing financing and increase FDR in channeling funds effectively so that the resulting profitability will be maximized.Keywords: ROA, CAR, NPF, FDR and Islamic Bank.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMINJAMAN DANA DARI RENTENIR (Studi Kasus Di Desa Lampisang Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar) susi wardani
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 2,November (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (30.037 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i2,November.1181

Abstract

AbstrakDesa Lampisang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Masyarakat Desa Lampisang lebih memilih melakukan peminjaman dana dari rentenir dibandingkan dengan lembaga keuangan formal. Penelitian ini lebih menggunakan teori tindakan rasional, yaitu penulis ingin melihat bagaimana tindakan masyarakat Desa Lampisang melakukan peminjaman dana dari rentenir yaitu dengan memilih secara rasional. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab masyarakat Desa Lampisang Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar melakukan peminjaman dana dari rentenir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan peminjaman dana dari rentenir yang lebih dari 5 kali peminjaman. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, penyebab masyarakat melakukan peminjaman dana dari rentenir adalah dilihat dari konsep diri mereka yang tidak mau bersusah payah mengikuti prosedur peminjaman dana pada lembaga formal, untuk mengatasi permasalahan perekonomian keluarga, dan juga untuk mengatasi kekurangan dana ketika dalam keadaan mendesak.
FILANTROPI ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT Junia Farma; Khairil Umuri
Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol 1, No 1, Mei (2021): JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam & Perbankan Syariah
Publisher : Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.655 KB) | DOI: 10.37598/jeips.v1i1, Mei.953

Abstract

ABSTRAK: Filantropi Islam mempunyai peran penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana konsep filantropi Islam dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran filantropi bisa menjadi upaya kolektif untuk membingkai semangat kedermawanan. Pengelolaan dana filantropi oleh Baitul Mal dan pendistribusian yang adil di kalangan masyarakat telah mampu menghilangkan kemiskinan dan kesenjangan sosial serta mendorong terbentuknya masyarakat yang sejahtera.

Page 1 of 3 | Total Record : 24