Kualitas pendidikan merupakan suatu ukuran atau standar yang mencerminkan seberapa baik proses pendidikan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran, baik secara akademik maupun non-akademik. Kualitas pendidikan mencakup berbagai aspek, termasuk mutu pengajaran, kurikulum, infrastruktur, keterampilan guru, dukungan orang tua, serta lingkungan belajar yang kondusif. Kegiatan Pengabdian ini dilakukan pada Sekolah SDN 150 Kota Pekanbaru, yang memiliki murid sebanyak 433. SDN 150 Kota pekanbaru beralamatkan di Jl. Patria Sari No.53B, Umban Sari, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau. Metode analisis yang digunakan yaitu teknik analisis situasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi masalah, tantangan, peluang, kekuatan, dan kelemahan yang ada di SDN 150 Kota pekanbaru. Hasil penulisan ini menunjukan bahwa peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dapat mempetimbangkan berbagai hal yaitu (1) Menyediakan Pembelajaran Berkualitas, (2) Pendekatan Individu, (3) Pendidikan Karakter dan (4) Pemanfaatan Teknologi. Sedangkan Peran orang tua dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dapat mempetimbangkan berbagai hal yaitu (1) Dukungan di Rumah, 2) Kolaborasi dengan Sekolah, (3) Memberikan Contoh yang Baik dan (4) Pengawasan dan Bimbingan. Hasil kegiatan diharapkan mampu memberikan dampak yang positif baik bagi sekolah, perserta didi, semangat orang tuan dan semangat guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat dasar disekolah
Copyrights © 2024