Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Februari

Dampak Penerapan Kegiatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkembangkan Sikap Mandiri Siswa di SMAN 2 Mataram

Nurul, Nurul Istiqomah (Unknown)
Mustari, Mohammad (Unknown)
Kurniawansyah, Edy (Unknown)
Alqadri, Baqdawansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dirancang dan diteliti oleh peneliti karena dengan keadaan karakter regenerasi bangsa kita sekarang yang perlu dilaksanakan pembinaan secara terstrstruktur dan terencana melalui kegiatan yang tepat seperti halnya  kegiatan Profil Pelajar Pancasia yang memiliki eksitensi untuk membina dimensi kemandirian, kerjasama, berkebhinekaan, dan jiwa kreatif pada siswa sehingga peneliti berusaha mengungkap dengan tujuan untuk mengetahui jenis-jenis kegiatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Mataram, serta melihat dampak Penerapan kegiatan Profil Pelajar Pancasila terhadap penumbuhkembangan sikap mandiri siswa di SMAN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman dengan langkah-langkah yang meliputi mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori Sugiyono yaitu Triagulasi Sumber dengan mencari kebenaran data melalui sumber informan 3 orang atau lebih, dan Triagulasi teknik yaitu dengan menyilangkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal penerapan kegiatan Profil Pelajar Pancasila, SMAN 2 Mataram melaksanakan 3 jenis kegiatan yaitu tema 1 bangunlah jiwa dan raganya, tema 2 kewirausahaan, Tema 3 kearifan lokal. Kegiatan ini mampu memberikan dampak terhadap penumbuhkembangan sikap mandiri siswa di SMAN 2 Mataram yang dilihat oleh peneliti berdasarkan hasil observasi peneliti dengan mangacu pada teori Paulina dkk. Dengan adanya kegiatan Profil Pelajar Pancasila mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan sikap mandiri siswa, dampak yang terlihat adalah dengan membuat kerajinan dari bahan limbah, melaksanakan kegiatan wirausaha makanan siap saji, membuat tari kreasi yang dapat menunjang kreatifitas siswa ke arah kemandirian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...