Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Pengaruh Metode Eja Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar

Kholilah, Manna (Unknown)
Sapri, Sapri (Unknown)
Rambe, Riris Nurkholidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Eja dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri 138 Sabajior. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1 SD Negeri 138 Sabajior. Sampel diambil dengan teknik probabibility sampling yang terdiri dari 24 siswa pada kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksprimen. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitian quasi eksprimental design (eksprimen semu) dengan bentuk penelitian pretest-postest dan instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar. Analisis data hipotesis dilakukan dengan melalui microsoft excel. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis t-test kelompok independen, dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh nilai Sig 0,04 dimana 0,04 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Eja dapat memberikan pengaruh yang signifikan. Diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksprimen dengan penerapan Metode Eja adalah 72,79 dengan selisih antara nilai pretest dan postest sebesar 42,5. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan metode konvensional adalah 72,16 dengan selisih nilai pretest dan postest kelas kontrol sebesar 45,4. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Eja lebih baik daripada metode konvensional serta terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 138 Sabajior Kec. Panyabungan Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...