Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika

Barus, Carolina Sri Athena (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training serta peningkatannya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap salah satu SMA di Deli Serdang yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian diambil dari dua kelas yaitu kelas XI-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI-3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi.  Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essai, jumlah soal 8 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...