Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sikur

Hidayatunnisa, Baiq Nispi (Unknown)
Mustari, Mohamad (Unknown)
Alqadri, Bagdawansyah (Unknown)
Zubair, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Adanya pengaruh globalisasi, pesatnya kemajuan teknologi dan pergeseran sosio-kultural mengakibatkan nilai-nilai Pancasila seperti jiwa semangat gotong royong, saling menghormati, dan toleransi menjadi luntur dan tergeser. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan suatu pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk siswa bisa mengamati dan memikirkan solusi dari permasalahan di lingkungan sekitar. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah (1). mengetahui bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SMKN 1 Sikur; (2). mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SMKN 1 Sikur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sikur dilaksanakan sesuai alur dalam buku panduan pengembangan P5 dari Kemendikbud. Alur pelaksanaan P5 di SMKN 1 Sikur dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun tema yang sudah diterapkan yaitu tema kearifan lokal, gaya hidup berkelanjutan, dan suara demokrasi, 2). Faktor pendukung implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sikur terdiri dari sarana dan prasarana yang memadai, adanya anggaran dana, adanya modul P5, dukungan dari semua pihak, dan adanya kegiatan sosialisasi (pelatihan) sedangkan faktor penghambatnya berasal dari siswa itu sendiri yaitu karakteristik yang berbeda-beda. P5 penting untuk diimplementasikan karena dapat meningkatkan skill dan menanamkan karakter siswa sesuai dengan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni: Beriman bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...