Salah satu upaya guru profesional untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah dengan menerapkan model/strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi berhitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggnakan metode STAD. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mulai dari tahap pratindakan ke siklus I dengan peningkatan klasikal pada siklus II sebesar 78.79% yang tuntas pada tes matematika. Jadi kesimpulannya bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan cara kerja sama dalam kelompok, siswa lebih termotivasi dan memahami materi Pelajaran dengan lebih baik.
Copyrights © 2024