Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Melalui Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division

Hilyatin, Nadia (Unknown)
Sari, Mayang (Unknown)
Mabrur, M. Fadli (Unknown)
Saputra, M. Wahyu Hadi (Unknown)
Mutmainah, Mutmainah (Unknown)
Sari, Nursina (Unknown)
Halimatussa'diah, Halimatussa'diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Salah satu upaya guru profesional untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah dengan menerapkan model/strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi berhitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggnakan metode STAD. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mulai dari tahap pratindakan ke siklus I dengan peningkatan klasikal pada siklus II sebesar 78.79% yang tuntas pada tes matematika. Jadi kesimpulannya bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif meningkatkan hasil belajar siswa.  Dengan cara kerja sama dalam kelompok, siswa lebih termotivasi dan memahami materi Pelajaran dengan lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...