Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 3 No. 02 (2023): Artikel Riset Edisi Agustus 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan

Saragih, Kisi Apriani (Unknown)
Napitupulu, Rio Parsaoran (Unknown)
Sitio, Hetdy (Unknown)
Tambun, Rusmayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Dalam pembelajaran kooperatif, siswa belajar bersama sebagai satu tim, menyelesaikan tugas kelompok untuk mencapai tujuan bersama, sehingga setiap anggota kelompok sama-sama bertanggung jawab atas keberhasilan kelompok. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 Berbagai Pekerjaan kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah pre-experimental (nondesign) (pra-eksperimental non desain) dengan jenis one group pretest-posttest design (desain pretest-posstest satu kelompok), dikarenakan tidak adanya variabel kontrol. Hasil yang di didapatkan thitung = 32,106 dengan tingkat signifikan (2-tailed) 0,000 probalitas signifikan <0,05, thitung >ttabel = 32,106>2,064 maka HO ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 kelas IV SD Swasta HKBP Tomuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...