Cemara Education and Science
Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024

BUDAYA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA LINGKUNGAN SEKOLAH MTS MADRISATUL IKBAR

Indra Wahyudi Z (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Budaya Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter merupakan konsep yang menekankan pentingnya pembentukan karakter dan nilai-nilai positif pada siswa melalui lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan budaya sekolah yang mendorong pengembangan karakter siswa MTs Madrisatul Ikbar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informasi dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan penelitian dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Madrasah membentuk karakter peserta didik dengan menerapkan budaya sekolah. 2) Budaya sekolah yang diterapkan meliputi etika siswa terhadap guru, budaya memulai dan mengakhiri kelas, budaya kejujuran dan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, 3) Pembentukan karakter meliputi disiplin, religius, sikap peduli, jujur ​​dan tanggung jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ces

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope Cemara Education and Science (CES) menerbitkan artikel-artikel di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik penting lintas konteks pendidikan, dalam hal desain dan temuan penelitian. Ruang lingkup Cemara Education and Science (CES) meliputi: Pendidikan ...