cover
Contact Name
Abdul Fattah Nasution
Contact Email
cemarajournal2023@gmail.com
Phone
+6281362998968
Journal Mail Official
fattahlubis@cemarajournal.com
Editorial Address
YAYASAN CENDEKIA MADANI NUSANTARA Jl. Sempurna GG. Alinafiah No. 12 A Kelurahan Bakaranbatu Kec. Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara 21421 email : adminces@cemarajournal.com
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Cemara Education and Science
ISSN : -     EISSN : 29874092     DOI : -
Focus and Scope Cemara Education and Science (CES) menerbitkan artikel-artikel di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik penting lintas konteks pendidikan, dalam hal desain dan temuan penelitian. Ruang lingkup Cemara Education and Science (CES) meliputi: Pendidikan Agama Islam Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Matematika Pendidikan Biologi Pendidikan Fisika Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Dasar dan Usia Dini Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Pendidikan Teknologi Informatika Bimbingan Konseling dan Penyuluhan Administrasi/Manajemen Pendidikan Komunikasi dan Dakwah Islam Ekonomi dan Bisnis Teknologi Informatika Humaniora dan Hukum Kajian Islam Psikologi Agribisnis Akuntansi Seni Matematika Pengabdian Masyarakat Ilmu Perpustakaan Tujuan jurnal ini adalah menerbitkan penelitian berkualitas yang berpotensi menginformasikan penelitian, kebijakan, dan praktik pendidikan lebih lanjut, dalam konteks atau paradigma penelitian apa pun. Oleh karena itu naskah harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Kerangka teoritis yang kuat. Pemahaman yang jelas tentang bagaimana sastra secara kritis berhubungan dengan topik yang diteliti. Desain dan analisis penelitian yang kuat. Analisis kritis dan rekomendasi untuk penelitian, kebijakan, dan praktik lebih lanjut Cemara Education and Science (CES) terbit empat kali dalam setahun yaitu pada Februari, Mei, Agustus, dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 70 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN BEPRIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMK IMELDA MEDAN Abdul Fattah Nasution; Marasamin Lubis; Siti Maulid Dina
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya ranking matematika berdasarkan penelitian TIMSS sehingga berpengaruh pada rendahnya kemampuan matematis, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini lahir dari rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK Imelda, Medan. Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMK Imelda, Medan. Penarikan kesimpulan pada penelitian ini dilakukan menggunakan uji Anova dengan populasi seluruh kelas X dan sampel berjumlah 35 siswa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMK Imelda, Medan. Dengan nilai rata-rata tes awal sebesar 53,8 dan tes akhir sebesar 75,03 atau sebesar 91%, dan Fhitung sebesar 319,406 > Ftabel sebesar 1,775
IMPLIKASI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN PERKEMBANGAN TARJIH MUHAMMADIYAH TAHUN 2015-2020 Ali Imran Sinaga
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 telah membawa beberapa perubahan dan kemudahan segala sudut kehidupan manusia termasuk dalam hal menentukan suatu keputusan. Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah tidak lepas dari pengaruh itu. Situs internet telah membantu proses analisis produk hukum (fikih) dengan beberapa aplikasi on line. Pembahasan kasus hukum dari beberapa pakar/ulama Muhammadiyah sangat membantu mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpulkan data dari aplikasi Alquran, Hadis, dan beberapa Kitab-kitab yang lain sehingga dengan cepat menetapkan suatu keputusan. Hasil Pembahasan hukum tersebut dipublikasikan pada majalah bulanan ‘Suara Muhammadiyah’ dan direkapitulasi dalam buku ‘Tanya Jawab Agama” Majelis Tarjih Muhammadiyah yang sudah berjumlah 8 (delapan) jilid.  Selain itu, info tentang hukum baru ini dapat dipublikasikan dalam website tajih.or.id yang dimiliki oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah sehingga mudah mendapatkan respon, saran, dan kritikan dari masyarakat yang kemudian direspon kembali oleh Majelis Tarjih tersebut
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN INDONESIA Meyniar Albina; Asmidar Efendi; Alumni Harahap; Wahdini Rizky Amali Siregar; Lilis Siti Sahara; Rian Arianda
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pendidikan multikultural di lembaga pendidikan Indonesia. Dicantumkan beberapa pemikiran-pemikiran para ahli dan temuan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian perpustakaan (library search). Pendidikan multikultural merupakan sebuah filosofi pluralisme budaya yang didasari prinsip-prinsip persamaan (equality) ke sistem pendidikan untuk saling menghormati, menerima dan memahami komitmen moral demi keadilan sosial
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MINAT PENDIDIKAN MASYARAKAT DI DESA LALANG Ali Daud Hasibuan; Nuri Fadhilah; Nurul Annisa; Nurul Hidayah; Putri Amanda; Rahmayanti Hasibuan
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat layanan informasi terhadap minat pendidikan di Desa Lalang Tanjung Pura. Adapaun penelitian ini dilakukan dengan pendekatan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode observasi, wawancara, deskriptif, dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian di Desa Lalang, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan informasi sangat berguna mengembangkan minat pada pendidikanmasyarakat ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini berarti bahwa dengan melakukan layanan informasi, meningkatkan minat masyarakat untuk mengambil keputusan terhadap kepentingan peserta didik (Klien)
Pengaruh Model Pembelajaran Phair Check Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII di MTs Raudatul Uluum, Rantauprapat Siti Maulid Dina; Rosmawati
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 1 (2023): Vol I. Edisi I Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis cerpen merupakan suatu kendala dari pencapaian tujuan pendidikan bahasa Indonesia, sehingga sudah selayaknya para calon pendidik maupun pendidik melakukan evaluasi pada pembelajaran dengan metode penelitian. Adapun tulisan ini lahir dari penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran phair check terhadap keterampilan menulis cerpen siswa di MTs raudatul Uluum, Rantauprapat. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII sebagai populasi dan kelas VIII-A sebagai sampel penelitian yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan keputusan pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif, yang harus memiliki syarat uji normalitas dan homogenitas untuk mengambil keputusan dengan menggunakan uji t pada spss 20.0. Hasil penelitian ialah adanya pengaruh model pembelajaran phair check terhadap keterampilan menulis cerpesn siswa di kelas VIII MTs Raudatul Uluum, Rantauprapat dengan Thitung > Ttabel, yakni 2,744 > 2,037, memiliki selisih poin 45,21 antara nilai rata-rata tes awal sebesar 33,33 dan tes akhir sebesar 78,55, dan besar pengaruh senilai 18%.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA K-13 Bunga Ulantika; Fitra Khoiron; Juni Tri Iswani; Mhd Fadliq Ananta; Abdul Fattah Nasution
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 2 (2023): Vol I. Edisi II Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat bergantung pada pendidikan. Pendidikan membantu manusia mengembangkan berbagai hal, termasuk teknologi dan ilmu pengetahuan. Dalam era globalisasi saat ini, pendidikan juga memengaruhi cara orang berpikir tentang situasi dan kondisi yang terjadi di suatu negara. Media merupakan bagian dari pembelajaran. Baik pendidik maupun siwa sangat merasakan manfaat dan fungsi media dalam pembelajaran. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah upaya pendidik dan siswa untuk mempersiapkan siswa untuk meyakini, memahami, mengayati, dan mengamalkan ajaran Agama Islam. Banyak komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran, termasuk pendidik, siswa, dan materi pembelajaran. Pada dasarnya, seorang guru memberikan informasi kepada siswanya untuk Media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan selama proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan perhatian dan minat siswa dalam belajar.
Pendidikan TINDAK TUTUR ILOKUSI PRESIDEN JOKOWI SAAT KUNJUNGAN KERJA DI LAMPUNG DALAM KANAL YOUTUBE TRIBUN MEDANTV (KAJIAN PRAGMATIK): TINDAK TUTUR ILOKUSI PRESIDEN JOKOWI SAAT KUNJUNGAN KERJA DI LAMPUNG DALAM KANAL YOUTUBE TRIBUN MEDANTV (KAJIAN PRAGMATIK) Samsul bahri
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 2 (2023): Vol I. Edisi II Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian ini membahas bentuk tindak tutur ilokusi yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo selama wawancara di kanal YouTube Tribun MedanTV. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan jenis tindak tutur ilokusi yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo selama wawancara di kanal YouTube Tribun MedanTV. Sumber data untuk penelitian ini diperoleh dari Presiden Joko Widodo selama wawancara di kanal YouTube Tribun MedanTV. Metode penelitian yang digunakan adalah kualita Untuk menganalisis data, teori tindak tutur ilokusi yang dikembangkan oleh Searle digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Presiden Joko Widodo menggunakan tiga jenis tindak tutur ilokusi dalam wawancara yang dia lakukan di kanal YouTube Tribun MedanTV. Ada empat jenis tingkah laku ilokusi: tingkah laku ilokusi ekspresif, yang mencakup tiga tingkah laku sindiran, tingkah laku ilokusi representatif, yang mencakup dua tingkah laku pernyataan, dan tingkah laku ilokusi deklaratif, yang mencakup dua tingkah laku pertimbangan. Terdapat tiga jenis ilokusi dalam percakapan ini: ekspresif, representatif, dan direktif. Tidak ada ilokusi komisif atau deklarasi. Ilokusi ekspresif—menyindir representatif dengan fungsi menginformasikan adalah jenis ilokusi yang paling umum
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS VI SD NEGERI 124406 PEMATANGSIANTAR DENGAN STRATEGI 3M (MENIRU, MENGOLAH, MENGEMBANGKAN) Ardhanareswari Muadilah; Indah Sulistia Wardana; Samsul Bahri
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 2 (2023): Vol I. Edisi II Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas VI SD Negeri 124406 Pematangsiantar untuk menulis cerita pendek menggunakan strategi 3M, yaitu meniru, mengolah, dan mengembangkan. Siswa kelas VI dari SD Negeri 124406 Pematangsiantar, yang terdiri dari 25 siswa, adalah subjek penelitian ini. Mereka melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus berulang dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses menulis cerita pendek melalui penggunaan tes, wawancara, dan observasi. Metode kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi 3M—menyalin, mengolah, dan mengembangkan—dapat membantu siswa menemukan ide untuk cerita pendek. Ini karena strategi ini mudah digunakan siswa. Semua siswa di kelas VI SD Negeri 124406 Pematangsiantar mencapai KKM, dan nilai rata-rata meningkat sebanyak 3,31% dari pratindakan hingga akhir siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi 3M (mengkopi, mengolah, dan mengembangkan) dapat membantu siswa dalam menulis cerita pendek.
SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Niar Nasution; Samsul Bahari; Khalimatussakdiah; Dina Khairunnisa Darayani; Raudahtul Sarifah Lubis
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 2 (2023): Vol I. Edisi II Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di sekolah, model pembelajaran konvensional membuat siswa jenuh dan bosan, yang berdampak pada minat dan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari literatur tentang pengaruh pendekatan pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pembelajaran siswa. Penelitian ini melibatkan siswa SMP. Penelitian ini menggunakan review sistematis. Data dikumpulkan dengan mengumpulkan jurnal yang relevan untuk dibaca dan dikaji. Kriteria pencarian sebelumnya digunakan untuk memilih lima artikel yang menjelaskan setiap tahap atau proses penyelidikan. Hasil penelitian yang relevan menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri membantu siswa berpikir kritis, menguasai aspek kognitif, memperoleh kemampuan intelektual, dan menyelesaikan masalah.
Pendidikan PENGARUH MODEL PEMBELAJRAN TGT DAN NHT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MADANI : PENGARUH MODEL PEMBELAJRAN TGT DAN NHT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MADANI Siti Mauliddina
Cemara Education and Science Vol. 1 No. 2 (2023): Vol I. Edisi II Tahun 2023
Publisher : Cendekia Madani Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT dan NHT terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Madani Kelas VIII. Ini dilakukan karena siswa di kelas VIII SMP Madani Medan masih memiliki kemampuan penalaran matematis yang rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan melibatkan 26 siswa dari seluruh kelas VIII SMP Madani, dengan dua sampel, kelas VIII-A menggunakan model TGT dan kelas VIII-B menggunakan model NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran TGT dan NHT terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII SMP Madani, dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05