Pelaksanaan e-KTP di Kota Bogor hampir mencapai hasil maksimal yaitu, sekitar 99%. Adapun permasalahan masyarakat yang belum melaksanakan perekaman e-KTP. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pelayanan e-KTP di Kecamatan Bogor Barat serta mengetahui hambatan dan upaya-upaya yang dilakukan dalam penerapan administrasi kependudukan. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data penelitian dengan teknik kuesioner, observasi, dan wawancara. Dari data penelitian ini menghasilkan data yang menjelaskan bahwa implementasi pelayanan e-KTP di Kecamatan Bogor Barat dinilai sangat baik dengan menunjukkan skor 4,29. Penilaian tertinggi terdapat pada dimensi disposisi dengan skor 4,37 dalam penilaian sangat baik. Penilaian sangat baik ini mengartikan adanya dampak positif dari pegawai yang sudah melayani, membantu, dan mempermudah masyarakat dalam proses perekaman e-KTP. Hambatan yang dialami kurangnya sumber daya pegawai dan informasi yang kurang update di website ataupun media sosial.
Copyrights © 2024